Ke Banjarmasin Yukk

Libur panjang akhir tahun sebentar lagi datang, namun biasanya kita kebingungan untuk menentukan destinasi wisata untuk berlibur.
Jika belum punya tujuan untuk berlibur coba deh untuk pergi ke Banjarmasin, Kota yang memiliki julukan ‘Kota Seribu Sungai’. Karena memang kota ini dilalui oleh banyak sungai besar dan kecil seperti Sungai Barito dan Sungai Martapura.Banjarmasin juga terkenal dengan pasar tradisionalnya yang berada di atas air. Kota Banjarmasin ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, dan dua diantaranya adalah :

1. Pasar Terapung
Tak lengkap rasanya jika membahas Banjarmasin tanpa pasar terapung. Pasar ini sudah menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Saat ini, pasar terapung telah menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang paling banyak dikunjungi wisatawan.
Salah satu pasar terapung yang populer adalah yang ada di muara Sungai Barito, Pasar ini diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Barang yang dijual pun beragam mulai dari hasil kebun, makanan sampai pakaian. Untuk bisa menyaksikan kegiatan di pasar ini, Anda harus datang pagi hari karena pasar ini hanya berlangsung dari jam 05:00 sampai 07:00. Yang menarik di pasar terapung ini adalah adanya tongkat dengan ujung kawat untuk mengambil barang yang dibeli karena sulitnya mendekatkan perahu yang dinaiki.

2. Taman Siring Sungai Martapura
Satu lagi tempat wisata di Banjarmasin yang mengandalkan sungai adalah Taman Siring Sungai Martapura yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Taman ini berada di tepian Sungai Martapura dan ramai dikunjungi saat sore hari. Dari sini, Anda bisa melihat aktifitas jukung atau perahu khas Banjarmasin di sungai. Silakan bawa alat pancing dan puaskan hobi memancing Anda di tempat wisata ini. Jika ingin menikmati pemandangan sekitar sungai saja, Anda bisa duduk di bangku yang telah disediakan sambil menikmati kuliner dari warung yang berjajar di taman.

Selain tempat Wisata, jangan sampai lewatkan juga oleh-oleh khas Banjarmasin untuk Anda bawa pulang ke kota asal. Banyak ragam oleh-oleh khas yang bisa Anda pilih, tapi yang paling khas & paling banyak diminati adalah :

1. Sasirangan
Sasirangan adalah kain sejenis batik khas Kalimantan Selatan. Motif dan pewarnaan yang ada di sasirangan cukup khas dan berbeda dibanding kain dari daerah lain. Jadi, kalau sudah pernah melihat sebelumnya, pasti Anda bisa langsung mengenali mana batik sasirangan hanya dengan sekali melihat.
Sasirangan ini banyak dijual dalam berbagai jenis. Ada kain, daster, kemeja, hingga kaos. Salah satu tempat asyik untuk berburu kain sasirangan adalah Pasar Martapura. Di sini, banyak jejeran toko yang menjual aneka jenis Sasirangan dengan harga yang beragam.

2. Kerupuk amplang
Oleh-oleh lain yang juga harus dibawa sepulang dari Banjarmasin adalah kerupuk amplang. Ini adalah kerupuk yang diincar banyak traveler karena rasanya yang begitu gurih. Kerupuk amplang terbuat dari ikan tenggiri. Sekali menggigit, rasa ikannya langsung terasa ke seluruh mulut. Ukurannya yang kecil-kecil membuat kerupuk ini pas untuk dijadikan cemilan. Biasanya, para turis menikmati kerupuk ini bersama mie rebus atau pun bakso. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke toko penjual oleh-oleh yang banyak bertebaran disana.

Jadi, sudah siap bertualang di liburan akhir tahun ini..??

Informasi Ke Banjarmasin Yukk diatas merupakan ulasan informasi bersifat umum dan jika menemukan sumber informasi yang kurang tepat atapun mengandung sara dan sebagainya, silahkan hubungi kami di kontak yang sudah kami sediakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *