Tips Membedakan Bahan Kulit Untuk Jaket

Jika kita berkunjung ke Garut, barang yang paling banyak diburu adalah Jaket kulit di Sentra kerajinan kulit Sukaregang. Seperti kita ketahui bersama, Jaket kulit dari bahan baku kulit domba Garut ini merupakan Produk unggulan dan No.1 dikelasnya. Tapi kebanyakan orang awam tidak dapat membedakan mana Jaket Kulit Domba, Jaket Kulit Sapi, Jaket Kulit Kambing, & Jaket Kulit Imitasi/Synthetic.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui keaslian suatu jaket kulit. Anda bisa melakukan uji Coba dengan cara memberikan api kecil ke permukaan jaket, Kalau ternyata jaket tahan api berarti jaket itu asli dari bahan Kulit.

Tapi, bagaimana cara membedakan bahan kulitnya? Mari kita mulai bahas ya..

1. Jaket Kulit Domba, memiliki ciri sebagai berikut

  • Wana terang, Lentur, Apabila dipakai tidak membuat anda kaku, & terasa nyaman.
  • Pori-pori kecil seperti halnya pori-pori kulit kita. Untuk mengeceknya bisa dengan menarik jaket kulit menggunakan 2 tangan, akan terlihat pori-porinya yang kecil.
  • Tidak berbau, dan bila sudah menjadi Jaket, biasanya tidak banyak sambungan, karena Domba Garut mempunyai ukuran yang cukup besar.

2. Jaket Kulit Kambing memiliki ciri sebagai berikut

  • Warna agak Kusam, Kurang Lentur, & Agak berbau kambing
  • Pori-porinya agak besar, bila ditarik dengan 2 tangan akan terlihat jelas lubang pori-porinya.
  • Bila sudah menjadi jaket, biasanya model dan potongannya banyak jahitan, hal ini dikarenakan bahan Jaket kulit kambing tidak ada yang besar, beda dengan Kulit Domba yang Super Besar

3. Jaket Kulit Sapi memiliki ciri sebagai berikut

  • Warna Agak Kusam, Kaku,
  • Pori pori kelihatan besar dan biasanya ada garis memanjang, hal ini bisa dibuktikan dengan menarik jaket kulit menggunakan 2 tangan, akan terlihat pori-porinya besar dan bergaris.
  • Jaket kulit sapi biasanya banyak diminati oleh para pecinta touring.

Lantas, bagaimana cara membedakan jaket yang berasal dari kulit asli dan jaket kulit yang berasal dari imitasi?

Sebenarnya banyak cara yang sangat sederhana untuk mengetahui apakah jaket yang dibeli berbahan kulit asli atau imitasi. Jaket kulit yang berasal dari kulit domba asli biasanya memiliki motif atau tekstur yang khas, halus, lembut dan elegan. Anda tidak akan menemukan tekstur yang sama pada jaket kulit yang lain. Karena kekhasan kulit yang dijadikan bahan pembuatan jaket kulit, maka jaket kulit memang dibuat eksklusif. Dilihat dari daya tahan produk jaket kulit, Anda juga dapat mengetahui mana jaket kulit asli dan mana jaket kulit yang imitasi atau palsu. Terkadang juga, harga ‘nggak bohong’. Jaket kulit yang terbuat dari kulit asli, memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan jaket kulit imitasi.

Informasi Tips Membedakan Bahan Kulit Untuk Jaket diatas merupakan ulasan informasi bersifat umum dan jika menemukan sumber informasi yang kurang tepat atapun mengandung sara dan sebagainya, silahkan hubungi kami di kontak yang sudah kami sediakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *