Rawatlah Sepatu Kulitmu

Sepatu berbahan kulit asli dan kulit sintetis harus dibersihkan dengan cara dan produk pembersih yang berbeda. Bersihkan sepatu setiap 3 bulan dan perbaiki sekali dalam setahun.
Disini kami punya beberapa cara yang bisa anda pelajari untuk merawat sepatu kulit anda, baik itu berbahan kulit asli ataupun kulit sintetis :

1. Cari tahu apakah sepatu menggunakan kulit jadi (finished) atau bukan. Anda dapat melihat keterangan yang tertera di label sepatu atau di kotaknya.
Sepatu kulit sintetis membutuhkan perawatan yang berbeda dengan yang berbahan kulit asli. Sebagian besar sepatu kulit terbuat dari kulit asli.
2. Hilangkan lapisan debu dan kotoran dengan sikat yang lembut. Gosok sikat pada permukaan sepatu sampai kotoran mengendur.
3. Gosok dengan lap kering yang bersih di permukaan sepatu kulit.
4. Beri kain lap sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang berserat. Hanya lakukan hal ini pada sepatu berbahan kulit asli.
Bersihkan bahan kulit sintetis dengan sabun khusus kulit. Sabun jenis ini tersedia di banyak toko sandal dan sepatu. Beri sedikit air pada kain lap, oleskan sabun ke atasnya dan gosok hingga berbusa. Gunakan busa pada permukaan sepatu, sambil menggosok nya perlahan. Bilas busa hingga bersih. Biarkan bagian dalam sepatu kering seluruhnya.
5. Biarkan kulit kering seluruhnya, dengan meletakkan bagian dalamnya di tempat terbuka.
Jangan letakkan sepatu di dekat pemanas atau di bawah paparan sinar matahari. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan retakan dan warna menjadi luntur.
6. Rawat bahan kulit tersebut.
– Gunakan krim semir yang warnanya sama dengan sepatu. Jika Anda tengah membersihkan bahan kulit asli. Semir sepatu khusus kulit tersedia di berbagai toko sepatu. Gunakan krim tersebut dengan selembar kain yang lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Tambahkan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap.
– Gunakan minyak seperti minyak cerpelai (mink oil) untuk bahan kulit sintetis. Hal ini akan membantu mengawetkan kulit. Gunakan dengan kain lap. Gosok dengan lap bersih.
7. Simpan sepatu kulit di luar kotak. Beri waktu satu hari sebelum digunakan agar sepatu kering terlebih dahulu. Dengan cara ini, sepatu akan menjadi lebih awet.

Tips
– Bersihkan sepatu kulit asli dengan campuran sedikit air dan sabun. Basuh sepatu sampai bersih dengan kain basah yang lembut. Gunakan semir sepatu berbahan silikon untuk membuat sepatu berkilau kembali.
– Jangan gunakan produk berbahan dasar silikon pada sepatu berbahan sintetis. Sepatu ini terbuat dari bahan sintetis dan hal ini dapat merusak warnanya.
– Anda dapat mengganti semir berbahan lilin dengan semir berbahan krim pada sepatu kulit. Semir berbahan krim akan membantu membuat sepatu tetap berkilau dan menjaga kondisi sepatu untuk waktu yang lebih lama.

Informasi Rawatlah Sepatu Kulitmu diatas merupakan ulasan informasi bersifat umum dan jika menemukan sumber informasi yang kurang tepat atapun mengandung sara dan sebagainya, silahkan hubungi kami di kontak yang sudah kami sediakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *