Merawat Sepatu Kulit Biar Tetap Keren dan Awet

Merawat Sepatu Kulit Biar Tetap Keren dan Awet

Sepatu berbahan kulit memang menjadi wajib kita miliki, tak hanya bagi kaum pria tetapi juga mulai merambah pada fashion kaum hawa. Jika dulunya sepatu kulit terkesan formal, maka kini seiring berkembangnya tren, sepatu berbahan kulit juga diciptakan untuk acara kasual, tanpa meninggalkan kesan classy dan eksklusifnya. Sepatu kulit seolah menjadi benda yang menunjang penampilanmu secara keseluruhan. Prelovers tentu akan tampak lebih keren apabila menggunakan sepatu kulit dipadu dengan outfit yang pas.

Dijamin, sepatu kulit yang keren akan membuatmu tampil mempesona sehingga semua mata akan memerhatikan dirimu. Dibalik sisi keren dan mewahnya, sepatu berbahan kulit membutuhkan perawatan yang ekstra dibanding bahan lainnya. Prelovers harus rajin-rajin merawat sepatu kulit kesayanganmu secara intensif agar tidak cepat rusak. Sepatu kulit yang mengalami kerusakan tentu akan kehilangan sisi estetisnya sehingga tidak lagi terlihat keren sebagaimana sebelumnya.

Nah, bagi yang gemar mengoleksi sepatu kulit tetapi kurang mengetahui bagaimana cara merawat sepatu berbahan kulit yang benar agar tetap awet, tak perlu khawatir. Kali ini, membagikan tips seputar cara merawat sepatu kulit kesayanganmu agar tetap tampil keren.

1. Ketahui jenis bahan dari sepatu kulitmu
Hal paling awal yang wajib Prelovers ketahui adalah jenis bahan dasar dari sepatu kulitmu. Perbedaan jenis bahan kulit tentu sangat berpengaruh terhadap cara perawatannya. Bahan kulit memiliki beragam jenis yang berbeda tingkat kelembaban, elastisitas, serta daya tahannya. Bahan kulit yang berkualitas bagus seperti full-grain memiliki elastisitas serta daya tahan yang cukup tinggi. Sementara jenis top-grain yang telah dipoles juga memiliki kualitas serupa hanya saja tidak sebaik jenis full-grain.

2. Hindari menyimpan sepatu kulit di tempat lembab
Udara yang lembab merupakan musuh besar bagi sepatu berbahan kulit. Sebab, udara yang lembab ini dapat menyebabkan sepatu kulit menjadi berjamur dan lama kelamaan menjadi lapuk sehingga tidak bagus saat dipakai. Oleh karena itu, simpanlah sepatu berbahan kulit kesayangan Prelovers di tempat yang kering dengan suhu ruang yang stabil. Akan lebih baik jika kamu menyediakan kotak sepatu untuk menyimpan koleksi sepatu kulitmu. Lengkapi kotak sepatu dengan silica gel untuk mencegah udara lembab merusak sepatumu. Apabila tidak ada silica gel, kamu bisa menggunakan koran bekas untuk menggantikannya.

3. Biarkan sepatumu kering di bawah sinar matahari apabila terkena air
Kadang kala, kita tidak sengaja membuat sepatu kulit kita menjadi basah karena terkena cairan tertentu. Jika hal ini terjadi, maka lebih baik keringkan sepatu kulitmu di bawah sinar matahari dibanding menggunakan bantuan hairdryer untuk mengeringkannya. Tetapi, pastikan kamu menjemurnya di bawah terik sinar yang tidak terlalu panas, sebab sinar matahari yang terlalu panas akan membuat tekstur kulit menjadi pecah.

Apabila kamu terpaksa menggunakan hairdryer karena ketiadaan sinar matahari, maka pastikan untuk menutupi sepatumu dengan selembar koran supaya panas yang didapatkan tidak terlalu banyak dan justru merusak sepatu kulitmu.

Kesimpulanyya, tidak hanya pakain saja. untuk merawat mode busana kesayangan kita memang wajib dilakukan termasuk sepatu yang biasanya selalu kita abaikan. Terutama yang harganya menengah kebawah.

Leave a Reply